MITOS – MITOS ORANG TUA JAMAN DULU

Istilah mitos sudah lama dikenal, bisa dikatakan mitos ialah sesuatu berupa wacana (bisa berupa cerita, asal-usul, atau keyakinan) yang keberadaannya satu paket dengan pantangan yang tidak boleh dilanggar. Orang bilang menentang mitos itu ”pamali” (dosa) bisa kualat. Keberadaan mitos sangat erat kaitannya dengan adat istiadat atau budaya yang masih bersifat tradisional. Terutama pada sebagian masyarakat yang masih meyakini ajaran animisme dan dinamisme. Mitos dengan aturan yang telah lampau tidak bisa begitu saja disisihkan, akan banyak hal yang harus dilalui untuk menciptakan perubahan itu. Tetunya tidak semudah menutup buku. Pantangan tersebut tentunya berawal dari banyaknya kasus yang terjadi karena melanggar pantangan tersebut meski segala sesuatunya adalah bersandarkan atas kehendak Tuhan. Percaya atau tidak… terserah bagaimana anda menyikapinya.

Berikut ini adalah contoh mitos –mitos yang sering kita dengar dari orang tua kita dulu :

  • Berselimut dengan tikar
    Janganlah anda berselimut dengan tikar karena kelak anda akan digulung oleh ombak jika mandi di laut.
  • Berteriak-teriak mengucapkan kata-kata kotor dalam hutan.
    Janganlah anda berteriak-teriak berkata-kata kotor pada saat berada di dalam hutan, karena anda tak lama lagi akan dimasuki roh halus jahat yang menguasai diri anda (kesurupan).
  • Berfoto bersama dalam jumlah ganjil
    Janganlah berfoto dalam jumlah ganjil karena salah satu dari yang difoto akan cepat meninggal. Biasanya yang ditengah.
  • Bangun Tidur terlalu siang
    Jika anda bangun tidur terlalu siang hingga matahari hampir berdiri, akan berakibat segala bentuk rezeki yang akan datang akan selalu menjauh.
  • Bersin sewaktu akan bepergian
    Anda tidak dapat langsung berpergian baik menggunakan kendaraan atau tidak setelah bersin.Paling tidak anda menunggu beberapa menit setelah bersin lalu boleh pergi, karena kalau anda bersin langsung pergi anda akan celaka diperjalanan.
  • Berlama-lama dikamar mandi
    Janganlah anda berlama-lama dikamar mandi karena akan terlihat lebih tua dari usia anda sebenarnya.
  • Duduk dipintu
    Anda dilarang duduk tepat didepan pintu, karena dikhawatirkan ada makhluk lewat yang melewati pintu tersebut dan anda akan jatuh sakit (kesambet).
  • Gadis keramas dihari Sabtu
    Jika anda seorang gadis, janganlah anda keramas pada hari Sabtu, karena berakibat anda akan mempunyai suami penyiksa
  • Kebiasaan bersedih pada waktu hamil
    Janganlah selalu bersedih pada waktu hamil, karena kelak akan mendapatkan anak yang cengeng.
  • Kebiasaan duduk di tengah pintu waktu turun hujan lebat
    Janganlah anda duduk ditengah pintu waktu turun hujan lebat karena suatu ketika anda dapat tersambar petir (yang sebenarnya petir tersebut, konon, mengincar setan).
  • Kebiasaan mengetuk ujung rokok yang akan disulut kebenda keras
    Janganlah melakukan Kebiasaan mengetuk ujung rokok yang akan disulut kebenda keras, karena kelak akan selalu mengalami kekecewaan karena gagal dalam karir dan rumah tangga.
  • Kebiasaan menggigit bibir bagian bawah
    Janganlah anda selalu menggigit bibir bagian bawah, karena kelak anda akan bernasib buruk dan rezeki seret.
  • Kebiasaan menggigit bibir bagian atas
    Janganlah menggigit bibir bagian atas karena akan selalu banyak hutang dalam hidup
  • Kebiasaan menggigit kuku
    Janganlah sering menggigit kuku, karena akan mengundang nasib buruk dan pembawaan sering gugup juga akan menderita batin.
  • Kebiasaan memutir rambut
    Janganlah anda memutir-mutir rambut karena kelak anda akan menjadi bahan gunjingan orang dan menjadi korban fitnah.
  • Kebiasaan pura-pura menangis
    Janganlah berpura-pura menangis karena akan berakibat orang tua akan menerima musibah.
  • Kebiasaan bersiul diwaktu malam
    Janganlah anda selalu bersiul diwaktu karena disaat anda tidur dimalam itu dan akan mendengar siulan yang berasal dari luar kamar anda itu adalah ulah dari makhluk halus yang merasa terganggu dengan siulan anda dan membalasnya.
  • Kebiasaan bersiul di dalam rumah
    Janganlah anda selalu bersiul di dalam rumah, karena akan mengundang makhluk halus yang akan berbuat jahat.
  • Kebiasaan memberi saputangan kepada kekasih
    Janganlah mempunyai kebiasaan memberi saputangan kepada kekasih karena kan berakibat perpisahan tiada sebab.
  • Kebiasaan membuang nasi sisa makan, karena kenyang
    Janganlah selalu membuang nasi sisa makan, karena kenyang bermakna kelak selama satu tahun akan mengalami bentrokan keluarga yang beruntun.
  • Kebiasaan makan pakai mangkuk
    Janganlah anda selalu suka makan pakai mangkuk, karena akan sering ditinggal pergi saudara.
  • Kebiasaan mengusap muka/wajah dengan baju
    Janganlah selalu mengusap muka/wajah dengan baju karena akan selalu dibenci orang dan susah rezeki.
  • Kebiasaan memakai baju sambil berjalan
    Janganlah suka, sering memakai baju sambil berjalan, karena akan berakibat cita-cita tidak akan terlaksana.
  • Kebiasaan bernyanyi atau besiul pada waktu sedang makan
    Janganlah anda selalu bersiul bila sendang makan karena anda akan mengalami kegagalan dalam usaha.
  • Kebiasaan memukul anak wanita pada pantat (bokong)
    Janganlah anda selalu memukul anak wanita pada pantat (bokong), karena kelak anak tersebut akan menjadi hyper sex, dan bila sudah berumah tangga akan selalu ribut dengan suaminya.
  • Kebiasaan mencabuti bulu alis mata
    Janganlah suka mecabuti alis mata (khususnya wanita) karena akan menyebabkan ketidak nyamanan pada saat berhubungan intim.
  • Kebiasaan memeluk kepala dengan kedua tangan
    Janganlah anda melakukan kebiasaan memeluk kepala dengan kedua tangan karena akan menjadikan diri anda kehilangan akal dan pikiran menjadi buntu, meneketehe dan dungu.
  • Kebiasaan memeluk lutut sambil berjongkok
    Janganlah terbiasa memeluk lutut sambil berjongkok, karena akan berakibat selalu meneketehe pada saat menghadapi masalah dan putus asa.
  • Memotong Kuku menurut hari
    Janganlah memotong kuku pada hari Minggu, karena akan mendapat bencana, demikian juga pada hari Senin, karena akan ada orang yang dengki atau irihati, selain itu hari Sabtu juga termasuk hari yang kurang baik untuk memotong kuku karena akan mendatangkan halangan atau rintangan bagi anda. Disarankan untuk memotong kuku pada hari Selasa karena akan disukai orang banyak. Hari Rabu juga termasuk hari baik karena akan membawa keselamatan dan perlindungan dari Tuhan. Hari baik yang disarankan adalah hari Kamis anda akan mendapat rezeki. Terakhir hari yang disarankan membawa kebaikan adalah hari Jum’at karena akan membuat anda disukai dan dicintai orang.
  • Mengangkat kaki
    saat bertiduran (tengkurap)/mengangkat kaki keatas keduanya atau satu saja, bertanda bahwa anda menginginkan menginginkan sesuatu yang buruk terjadi pada ibu anda.
  • Membuka payung
    Anda dilarang membuka payung di dalam rumah, karena akan terjadi sesuatu yang buruk dikeluarga anda.
  • Menggunting kuku malam hari
    Janganlah anda menggunting kuku pada mari, karena akan membuat usia anda lebih singkat.
  • Menyapu di malam hari
    Janganlah anda menyapu dimalam hari karena akan sulit untuk mencari rezeki.
  • Menjahit kancing baju ketika baju masih dipakai
    Janganlah menjahit kancing baju ketika ketika baju masih dipakai karena akan menderita penyakit yang parah dan selalu gagal dalam usaha selama 1 bulan.
  • Menyisir rambut sambil berjalan
    Janganlah adan menyisir rambut sambil berjalan, karena anda akan mendapat malu di depan umum.
  • Mandi disiang hari bolong
    Janganlah mandi disiang hari bolong, karena berakibat anda akan cepat tua.
  • Makan nasi menggunakan piring kecil
    Janganlah anda Makan nasi menggunakan piring kecil, karena akan berakibat selama hidup akan tersisih dari keluarga.
  • Makan disudut meja
    Janganlah anda makan disudut meja, karena akan berakibat kelak anda akan dimusuhi mertua dan malam pertamanya akan hancur.
  • Makan otak binatang
    Janganlah anda memakan otak binatang khususnya untuk anak kecil, karena akan menimbulkan uban sebelum waktunya.
  • Makan selalu dengan tangan tanpa sendok
    Janganlah anda makan selalu dengan tangan tanpa sendok, kelak barakibat kehidupan anda menderita, bila ia seorang wanita akan menderita kanker rahim.
  • Makan didepan pintu
    Janganlah anda makan didepan pintu, kelak akan berakibat sulit mendapat jodoh.
  • Makan telur ikan terlalu banyak
    Janganlah makan terlalu banyak telur ikan khususnya untuk anak kecil, karena kelak akan berakibat terjangkit penyakit cacar yang membuat muka bopeng.
  • Mengeluarkan suara ketika makan
    Janganlah anda mengeluarkan suara ketika sedang makan, karena akan berakibat menjadi bahan gunjingan orang lain.
  • Anjing peliharaan melong-long (berteriak panjang bukan menggong-gong) tengah malam
    Bertanda bahwa ada keluarga anda yang telah meninggal dunia sedang mengunjungi anda.
  • Anjing peliharaan melong-long lewat tengah malam
    Bertanda bahwa ada setan gentayangan yang sedang berkeliaran disekitar rumah anda.
  • Anjing peliharaan bersuara perlahan sambil kepala menunduk dan bulu-bulunya berdiri dimalam hari
    Bertanda bahwa di dalam rumah anda sedang berkeliaran arwah orang tua pemilik rumah atau arwah majikan anjing tersebut.
  • Bayi dihinggapi kupu-kupu pada malam Jumat Kliwon
    Bertanda bahwa arwah kakek sang bayi sedang mengunjungi.
  • Bila sedang melewati pesimpangan empat pada jam 12 malam untuk berdehem “Ehem!” sebanyak 3 x
    Anda  meminta izin lewat kepada mahluk halus penunggu jalan tersebut.
  • Mengadakan syukuran sebelum mengisi rumah baru
    Anda minta izin kepada mahluk halus penunggu rumah yang baru.
  • Tidak membuat rumah kecil jauh terpisah di belakang rumah utama
    Agar rumah itu tidak di tempati roh jahat (terkecuali ditempati tetap).
  • Meletakkan seikat sapu lidi dan gunting dibawah bantal bayi
    Agar bayi tersebut terlindungi dari gangguan mahluk halus .
  • Disarankan bagi wanita yang sedang hamil untuk meletakkan gunting dibawah bantal ketika hendak tidur
    Agar wanita hamil dan bayi yang ada dalam kandungannya terhidar dari pengaruh mistik dan guna-guna serta gangguan mahluk halus seperti kuntilanak.
  • Disarankan bagi wanita yang sedang hamil untuk selalu menggantungkan pisau lipat kecil pada baju yang dikenakan
    Agar yang mengandung dan calon bayinya akan terhindar dari gangguan mahluk halus.
  • Disarankan untuk anda jangan pernah menyimpan tanah dari kuburan ditempat manapun
    Karena akan mengakibatkan tempat itu menjadi tempat arwah yang tanah kuburannya diambil.
  • Disarankan kepada anda untuk menyimpan bawang merah, cabe merah, dan kunyit diatas pintu rumah
    Karena akan berfungsi untuk melindungi rumah dan keluarga anda dari gangguan mahluk halus dan ilmu-ilmu hitam yang dilakukan oleh orang jahat.
  • Disarankan menempatkan/menaruh bawang merah, cabe merah atau kacang hijau dibawah/disekitar tempat anda menyimpan uang
    Karena mempunyai makna sebagai penangkal dari pencurian uang yang dilakukan oleh tuyul.
  • Disarankan menempatkan/menaruh celana bekas kakek dibawah bantal bayi
    Karena mempunyai makna untuk melindungi bayi dari gangguan mistik makhluk halus.
  • Disarankan untuk menggunakan darah anjing yang berbulu hitam
    Karena mempunyai kegunaan untuk menyembuhkan orang yang kesurupan mahluk halus.
  • Larangan mencabut alis mata pada malam Jumat Kliwon
    Karena akan meyebabkan datangnya mahluk halus yang bertubuh kecil biasa disebut tuyul.

Benarkah mitos – mitos tersebut akan kebenarannya ? Berbeda dengan masyarakat tradisional yang masih meyakini adanya mitos sebagai sesuatu yang harus diperlakukan hati-hati, masyarakat modern tidak begitu adanya, mungkin karena telah banyak fasilitas canggih yang bisa menepis kepercayaan tentang mitos tersebut.

Tanah Jawa sangat kental sekali akan kepercayaan animisme maupun dinamismenya. Dan sangat kental sekali budaya dari leluhurnya yang sampai sekarang dipercaya kebenerannya, contohnya dilarang menikah pada bulan suro (Muharram) karena bisa kena sial atau pernikahannya nanti tidak akan langgeng. Mitos ini memang bukan fiktif 100%. Karena saya yakin ada beberapa pembaca yang pernah menemui atau bahkan mengalami sendiri. Namun bila ada kesamaan nama pelaku, kejadian, dan tempat bisa jadi itu hanyalah kebetulan belaka.

Namun secara konteks dan tujuan mitos itu sama dengan realita yang ada di sebagian masyarakat Jawa, yaitu kira-kira menggambarkan mitos yang diyakini oleh orang-orang tua Jawa jaman dahulu. Orang tua jaman dulu pasti memberi tahu dan memberi nasehat kepada kita itu dipengaruhi oleh mitos-mitos dan itu sudah menjadi suatu kultur yang melekat di dalam diri mereka. Meski mitos itu identik dengan nasehat orang tua jaman dulu, tapi hingga sekarang mitos itu tetap ada dan di jaman sudah modern ini, masih saja ada orang yang percaya akan mitos-mitos itu.

Mitos itu berkembang secara “worth of mouth”, dari mulut ke mulut yang disampaikan melalui cerita atau dongeng. Itu disebabkan karena ilmu pengetahuan orang tua jaman dahulu masih terbilang kurang dan bagi orang yang menerima informasi tersebut menerimanya dengan begitu saja tanpa harus melakukan penelitian terlebih dahulu. Percaya akan mitos – mitos yang ada di kehidupan kita, itu tergantung dari kita masing-masing.

Posted on April 19, 2011, in Tugas. Bookmark the permalink. 9 Comments.

  1. aku bingung harus percaya atau tidak . . tapi percaya gak percaya aduuh niat q buat sebarin tanah kuburan disuruh kakekku katanya biar dilindungi cicit ku ehh taunya keluarga ku kena sial melulu

    • kalo menurut saya sih itu cuman niatan untuk menghilangkan kebiasan buruk di waktu yang tidak tepat aja gan :D
      contoh : memotong kuku di malam hari kalo kata orang sunda mah pamali/dosa, tapi kalo dipikir secara logika potong kuku malam hari memang tidak baik, ditakutkan bukannya kuku nanti yang terpotong tapi bagian jarinya nanti yang terpotong oleh gunting kuku, ambil segi positifnya aja :D

  2. aku mau tanya juga doong, apa benar, kalau kita menikah itu tidak boleh memakai ranjang bekas kakak si mempelai perempuannya yah? walaupun hanya sekedar untuk pelengkap kamar pengantin saja? kan maksudnya mau menhemat biaya biar tidak usah beli lagi, karna kami kan tinggalnya bukan d rumah orang tua, tp nantinya akan menempati rumah sendiri. biar gak dua kali beli maksudnya. apa benar tidak boleh? apa alasannya? tq

  3. terkadang mitos-mitos orang jadul emangg sering ada benarnya, waktu bulan puasa tadi ada kisah bahwa, ketika waktu berbuka dan sedang makan bareng dgn keluarga, tiba2 ada kabar terjadi kecelakaan di jalan raya deket rumahnya, ketika dengar itu seorang pemuda salah satu anak dari keluarga tersebut langsung pergi untuk melihat dan apa yang terjadi, belum sempat sampai ke tempat tujuan tiba-tiba motor yang dikendarainya keserat mobil, dan kepalanyapun terlindas mobil yang dari belakangnya’ orang tua jadul(jaman dulu) melarang keras untuk pergi ketika keluarga sedang makan, sebab apabila dilakukan maka tidak akan selamat”

  4. Wah mana gue prnh fto ber3,,,yg ditengah gue lagi,,mudah2an gk bner,,,mw foto berapa aja kek ttep smua mnusia akn mati,,

  5. sip banget kunjungan balik di hanungb.blogspot.com . terimakasih

  6. ada beberapa mitos yg memang berguna dan bgus buat pendidikan anak2, kya jangan membuang2 nasi, berpakain dan menyisir jgn smabil berdiri dsb

  1. Pingback: MITOS, LEGENDA DAN CERITA RAKYAT | qisthimaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: